Sabtu, 03 Januari 2015

BUDIDAYA IKAN GURAMI KOLAM TERPAL

Beraneka macam ikan air laut banyak diminati oleh masyarakat karena rata-rata memang memiliki rasa yang lebih gurih daripada ikan air tawar. Namun, banyak juga ikan air tawar yang memiliki potensi pasar yang sangat besar di sektor penjualan ikan konsumsi serta menjadi usaha yang menjanjikan di Indonesia. Salah satu contoh paling umum adalah ikan lele yang bisa diternakkan oleh siapa saja baik lewat media kolam tanah maupun kolam terpal.



Bahkan di suatu daerah trend menternakkan ikan lele konsumsi di pekarangan rumah sempat menjamur di berbagai perkampuang yang ada di daerah-daerah. Masyarakat memang lebih suka menternakkan jenis ikan yang mudah dalam perwatan dan masa panen yang relatif singkat. Ada berbagai jenis ikan yang bisa diternakkan meski itu di pekarangan rumah.
Selain lele, belut, ikan nila dan gurame adalah jenis ikan yang sering diternakkan masyarakat di pekaranga lewat media terpal. Namun potensi yang lebih menguntungkan dari usaha ternak ikan bisa didapat dari menternakkan ikan gurame. Mengapa harus ikan gurame? Karena ikan gurame lebih banyak memiliki kelebihan dibanding jenis-jenis ikan konsumsi lain sekelasnya.
Banyak kelebihan yang bisa kita dapat dari menternakkan ikan gurame seperti, harga lebih mahal, perawatan relatif mudah, masa panen hampir sama dengan ikan-ikan ternak lainnya, rasa lebih gurih. Itulah beberapa kelebihan yang membuat banyak peternak ikan lebih memiliih ikan jenis ini untuk dibudidayakan menjadi usaha yang menjanjikan.

Kolam terpal lebih mudah

Untuk menternakkan ikan gurame dalam media kolam pembesaran, kita bisa menggunakan media kolam praktis yakni kolam terpal. Kolam terpal tentunya lebih efektif dibanding harus menggali lubang untuk kolam tanah. Kolam terpal juga bisa dibongkar sewaktu-watu bila sudah tidak digunakan. Dalam proses penggantian air, kolam terpal juga bisa dibilang praktis.
Menternakkan ikan gurame dalam terpal tentu bukan hal yang baru. Dengan memiliki modal yang cukup, kita bisa membuat kolam terpal sesuai dengan modal yang kita miliki. Selain itu lebar lahan atau pekarangan yang ada juga menjadi patokan untuk menentukan lebar kolam serta banyaknya benih ikan yang akan kita ternakkan dalam kolam pembesaran.

Usaha yang menjanjikan ini mudah dalam perawatan

Ikan gurame pada dasarnya bisa kita perlakukan sama seperti menternakkan ikan lainnya seperti ikan nila, mujaher maupun ikan lainnya. Yang terpenting kondisi air selalu dalam keadaan layak dan bersih, serta terdapat air yang menagalir agar kondisi air bisa terus stabil. Untuk masalah pakan pun sangat mudah didapatkan di toko-toko pakan ternak. Pemberian pakan biasanya dilakukan di pagi dan sore hari. Bila belum cukup paham dalam hal perlakuan atau perawatan ikan gurame, kita pun bisa belajar lewat buku-buku ternak dan juga dari internet.

Harga relatif tinggi

Jika kita sedang berada di rumah makan khusus ikan bakar, mungkin gurame bakar merupakan menu yang bisa dibilang cukup mahal dibanding ikan-ikan jenis lainnya. inilah alasan yang membuat beberapa peternak ikan membidik peluang usaha yang menjanjikan dari menternakkkan ikan gurame.
(sumber: modalkecilbisnis)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Sipendik.com – Sekarang ini ikan sudah menjadi santapan masyarakat sehari-hari. Permintaan pasar akan kebutuhan ikan semakin tinggi tiap tahunnya. Tidak terkecuali dengan ikan gurame, pada kesempatan kali ini sipendik akan mengulas tentang Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal.
Ikan gurame sangat digemari oleh pecinta kuliner, dagingnya yang padat serta duri-durinya yang besar sunggung memanjakan lidah para pecinta kuliner, apalagi rasanya yang enak dan gurih. Budidaya ikan gurame menjadi salah satu pilihan bisnis karena nilai jualnya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.Usaha budidaya ikan gurame bisa di kerjakan sesuai sama keadaan modal. Dari modal kecil hingga yang modal besarpun dapat untuk meningkatkan usaha budidaya ikan gurame ini. Maka dari itu usaha budidaya ikan gurame ini terbuka untuk siapapun.

Budidaya Ikan Gurame Dengan Kolam Terpal

Untuk anda yang tidak mempunyai tempat yang cukup, Anda dapat membudidayakan ikan gurame dengan memakai kolam dari terpal. Ikan gurame pada intinya memerlukan air yang cukup. Pembuatan kolam dari terpal bisa menjadi alternatif bagi anda, jika kondisi lahan sempit.
Dalam pembuatan kolam sebaiknya juga memperhitungkan jumlah ikan yang akan dibudidayakan, jangan sampai jumlah ikan tidak sesuai dengan kapasitas kolam karena dapat membuat ikan menjadi stres. Untuk ukuran kolam 1 x 1 meter dengan kedalaman 90 cm kurang lebih dapat berisi 10 ekor gurame dengan berat 2. 5 ons.
Bila ikan gurame telah semaikn besar maka jumlahnya mesti di kurangi. Jika tidak maka dibutuh penambahkan filter air yang ideal, langkahnya yaitu dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke satu system penyaringan, sesudah melewati penyaringan air masuk kembali ke kolam.

Pembuatan Kolam Terpal Ikan Gurame

Pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame bisa di buat dengan dua jenis type :
1. Menggali tanah dengan kedalaman spesifik umumnya seputar 90 cm, lalu Terpal dipasang pada tanah galian itu.
2. Menempatkan terpal pada permukaan tanah (tak menggali tanah), dengan pertolongan rangka dari besi atau mungkin kayu, terpal dirangkai mirip bak.
Type pertama beban terpal tidak terlampau berat pada saat di beri air, sedangkan untuk type kedua mempermudah kita melakukan pergantian serta pembersihan kolam. Dengan selang kita dapat menyedot kotoran-kotoran kolam terpal dengan gampang. Pada budidaya ikan gurame sebaiknya kolam terpal yang sudah menumpuk kotoran ikan guramenya untuk segera dibersihkan atau dikeluarkan, supaya kesehatan serta kebersihan air terus terbangun.
Sesudah kolam terpal selesai di buat tahap selanjutnya yaitu isi kolam dengan ikan gurame, walau demikian sebelum  ikan gurame dimasukkan harus di pastikan terlebih dulu kolam dalam keadaan bersih dari penyakit serta beberapa zat berbahaya. Terpal memiliki kandungan unsur kimia dalam pewarnaannya, maka sebelum saat dipasang butuh dicuci serta dibikin bersih. Untuk membunuh patogen kolam yang sudah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Yakinlah bahwa ikan gurame yang bakal dibudidayakan tak memiliki kandungan bibit penyakit. Bila ada ikan gurame yang terserang penyakit butuh dikarantina terlebih dulu sebelum dimasukkan ke kolam.

Pemeliharaan Ikan Gurame

Ikan gurame di beri makan 2 kali dalam satu hari dianjurkan pada pagi maupun sore hari dengan pellet yang memiliki kandungan protein 25% s/d 30 Persen. Sebaiknya dalam memberikan pellet ikan nila dilakukan agak sering namun dengan jumlah pellet yang sedikit-sedikit, daripada diberikan makan sekali – dua kali namun jumlah pelletnya besar. Anda juga dapat menambahkan daun-daunan maupun sayuran sebagai makanan sampingan ikan gurame. Daun-daunan serta sayuran amat berguna untuk kesehatan serta perkembangan ikan guramih.
Pada budidaya ikan gurame dengan terpal ini, usahakan untuk menjauhi pemberian makanan yang terlalu berlebihan, bila ada makanan yang tersisa segera Anda buang. Perlu dicatat , makanan sisa serta kotoran ikan yang ada di kolam memiliki kandungan zat amoniak yang berbahaya bagi perkembangan ikan gurame karena memiliki sifat toksin atau racun. Oleh karena itu jaga kualitas air dalam kolam, karena akan mempengaruhi perkembangan ikan gurame. Berikan makanan ikan gurame secara teratur dan tidak berlebihan.
Sebenarnya ikan gurame memiliki ketahanan yang cukup terhadap kondisi air yang kurang baik, namun Anda perlu mengatur tingkat kebersihan air dengan melakukan penyaringan secara berkala. Disarankan untuk menyedot air dengan selang atau pompa, kemudian ganti air baru. Semakin bagus lagi bila kolam di beri aerator atau mungkin filter untuk menaikkan kandungan oksigen serta bersihkan kotoran dengan cara automatis.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Budidaya Ikan merupakan peluang usaha yang tidak pernah mati, kebutuhan ikan
dimasyarakat terus meningkat dan semakin meluas, sementara pasokan belum mencukupi. Salah Budi Daya Ikan yang menjanjikan keuntungan adalah Ikan Gurame, atau sebutan lain Ikan Guramih. Ikan Gurame merupakan ikan yang banyak digemari oleh masyarakat kita. Aneka masakan berbahan dasar ikan gurame dengan mudah bisa didapatkan di restoran, warung makan bahkan kaki lima. Di pasar tradisional dan pasar modern juga banyak tersedia ikan gurame mentah siap masak dalam segala macam ukuran. Rasa ikan guramih yang terkenal paling enak diantara ikan tawar telah menjadikan ikan ini sebagai komoditas yang menjanjikan peluang bisnis.

Peluang Bisnis Ikan Gurame

Gurame menjadi peluang Bisnis bagi peternak , pedagang gurame,  pemilik restoran penyedia masakan gurame dan peluang usaha bagi penyedia bibit gurame. Harga ikan gurame siap konsumsi juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ikan jenis lain sekitar 20-30 ribu per kilogram.  Sehingga Budidaya Ikan Gurame banyak dipilih oleh masyarakat.
Peluang usaha budi daya ikan gurame dapat dilakukan pada skala usaha mikro, usaha kecil dan menengah maupun skala besar. Karena modal usaha yang dibutuhkan juga bisa dari kecil hingga besar. Usaha budi daya ikan gurame ini pada dasarnya bisa dilakukan dalam skala rumah tangga sehingga sangat terbuka bagi siapa saja. Bagi sebagian kita yang tidak memiliki lahan yang cukup luas dan air yang melimpah mungkin akan merasa tidak mungkin menggeluti bisnis budidaya ikan  gurame ini. Dengan menggunakan kolam terpal hal tersebut dapat diatasi dan mungkin dilakukan.
Ikan Gurame memang memerlukan lahan dan air yang cukup agar dapat hidup dan berkembang dengan baik dan optimal. Dengan menggunakan kolam terpal pada lahan yang sempit dan investasi yang tidak mahal , kita bisa melakukan budidaya ikan gurame. Budidaya Ikan Gurame dengan Kolam terpal hanya membutuhkan sedikit air karena air sebagai tempat hidup berasal dari air sumur atau air PAM. Bisnis budidaya ikan gurame dapat dilakukan oleh siapa saja dan bisa dijadikan sebagai usaha sambilan bagi karyawan, mahasiswa atau orang yang sudah memiliki bisnis lain.
Karena prosesnya yang sederhana dan hanya memerlukan sedikit ketelatenan, selain itu budidaya ikan gurame pada kolam terpal bisa dijadikan sebagai hiburan. Memberi makan dan memandangi ikan guramie pada pagi dan sore menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Keunggulan lain budidaya ikan gurame pada kolam terpal adalah mempermudah memutus mata rantai penyakit pada ikan guramih. Kolam terpal bisa dikuras dan dikeringkan dengan mudah sewaktu-waktu, sehingga penyakit yang ada pada kolam dapat dihilangkan dengan lebih mudah.

Kebutuhan Budidaya Gurame Kolam Terpal

Kolam ikan gurame dengan Kolam terpal ini dapat dibuat fleksibel sesuai dengan lahan yang dimiliki dan bisa ditempatkan di mana saja. Bisa di pekarangan rumah, sawah atau tempat lain yang tersedia. Tentu saja kolam dengan ukuran kecil hanya mampu menampung ikan gurame dalam jumlah yang tidak banyak. Jika terlalu banyak ikan dalam kolam maka pertumbuhannya tidak bisa optimal bahkan mengalami kematian. Selain itu ukuran ikan gurame juga menjadi pertimbangan berapa jumlah ikan yang dipelihara dalam kolam. Untuk ukuran kolam 1m2 dengan kedalaman 90 cm kira-kira bisa diisi dengan 10 ekor gurame dengan berat 2.5 ons. Seiring dengan pertumbuhan ikan gurame tentu jumlahnya harus dikurangi. Jika tidak maka perlu penambahan filter air yang memadai, caranya adalah dengan mengalirkan air kolam terpal dengan pompa ke suatu sistem filter, setelah melalui filter air masuk kembali ke kolam.

Model pembuatan Kolam terpal sebagai tembat budidaya ikan gurame bisa dibuat dua jenis, yang pertama adalah dengan menggali tanah dengan kedalaman tertentu biasanya sekitar 90 cm, kemudian Terpal dipasang pada tanah galian tersebut. Cara Kedua adalah dengan memasang terpal pada permukaan tanah ( tidak menggali tanah), dengan bantuan rangka dari besi atau kayu ,terpal dirangkai menyerupai bak.
Cara pertama beban terpal tidak terlalu berat sewaktu diberi air, cara kedua memudahkan kita melakukan penggantian dan pembersihan kolam. Dengan selang kita bisa menyedot kotoran-kotoran kolam terpal dengan mudah. Pada budi daya ikan gurame kolam terpal ini kotoran ikan gurame perlu dikeluarkan (shiftpond), agar kesehatan dan kebersihan air tetap terjaga.

Proses Budidaya Gurame Kolam Terpal

Setelah kolam terpal selesi dibuat langkah selanjutnya adalah mengisi kolam dengan ikan gurame, akan tetapi sebelum ikan gurame dimasukkan perlu dipastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahaya.  Terpal mengandung unsur kimia untuk pewarnaannya, maka sebelum dipasang perlu dicuci dan dibersihkan.
Untuk membunuh patogen kolam yang telah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Pastikan juga ikan guramih yang akan dibudidayakan tidak mengandung bibit penyakit. Jika ada gurameh yang terkena penyakit perlu dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam.
Proses selanjutnya adalah memberi makan. Ikan gurame diberi makan 2 kali dalam sehari dengan pellet dengan kandungan protein 25% sampai dengan 30 %. Frekuensi pemberian makan lebih baik dalam frekuensi yang banyak tetapi dalam jumlah sedikit-sedikit daripada dalam frekuensi sedikit tetapi jumlahnya banyak. Selain Pelet makanan untuk ikan guramih bisa ditambahkan daun-daunan dan sayuran. Daun-daunan dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan ikan gurame.
Pada budidaya ikan gurame dengan terpal ini perlu dihindari pemberian makanan yang berlebihan, jika ada makanan yang tersisa harus segera dibuang. Makanan ikan dan kotoran ikan yang ada di kolam mengandung zat amoniak yang dalam jumlah tertentu bersifat racun bagi gurameh. Selain memberi makan dengan jumlah dan frekuensi teratur hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas air.
Meski ikan gurame cukup tahan dengan air yang tidak baik tetapi air perlu dibersihkan dan diganti sebagian(30%) secara periodik. Biasanya penggantian dilakukan satu minggu sekali
dengan melakukan shift pond. Air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar melalui selang tersebut, kemudian diisi kembali dengan air baru. Lebih bagus lagi jika kolam diberi aerator atau filter untuk menambah kadar oksigen dan membersihkan kotoran secara otomatis.

Masa Panen Gurame

Masa panen adalah masa yang ditunggu pada budidaya ikan gurame ini. Ikan  gurame bisa dipanen sesuai dengan kebutuhan. Untuk tujuan pembenihan, gurame dapat dijual pada ukuran berapapun. Untuk ukuran tabur 2.5 ons dalam waktu sekitar 5 bulan bisa dipanen sebagai guramih konsumsi dengan berat 6 sampai 7 ons. Masa panen ini bisa dipersingkat lagi karena permintaan pasar cenderung menyukai gurame dengan ukuran 5 ons. Berat pada masa panen ini juga bisa meningkat dengan pemberian pakan yang baik dan frekuensi yang lebih sering serta kondisi air yang lebih baik. Melihat proses yang sederhana dan permintaan yang terus meningkat, menjadikan budidaya gurame pada kolam terpal menjadi peluang bisnis yang cukup layak untuk dicoba.

2 komentar :

  1. mksi infonya om. pngen nyoba sich. tp msih trkndala modal.

    http://cjaquatic.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Mantaps, sukses gan,
    Jika butuh terpal atau kolam terpal bisa dtempat kami.
    Arif slp semarang - 081575680202

    BalasHapus